Health

Cara Membuat tempe gembus

Mungkin ini terdengar ndeso bagi teman-teman. Namanya memang sungguh tidak keren, tapi rasanya sungguh Awesome ngangenin. Enak banget sih menurut saya. Saya tidak tahu apa tempe gembus ini hanya ada di Jawa ya? Soalnya suami saya yang orang sumatera juga tidak pernah tau tentang si gembus ini. Bahkan teman saya yang orang Jakarta juga tidak pernah dengar katanya. Hmmm.. setelah…

Read More

Family, Health, kids, Parenting

Acara mochitsuki di Jepang

Setiap tahun khususnya bulan desember(akhir tahun), masyarakat Jepang memiliki tradisi yang sering disebut mochitsuki. Yaitu tradisi membuat mochi dengan cara memukul-mukul beras ketan di dalam sebuah wadah yang terbuat dari kayu atau pun batu. Bagi masyarakat Jepang, tradisi ini diharapkan bisa membawa kekuatan dan juga harapan di tahun yang baru. Selain itu mochi juga terdengar mirip dengan kata mochi “mempunyai” atau “memiliki”dalam bahasa…

Read More

Health

Letters To Kiyomi Aurora

Selamat ulang tahun yang ke 5 ya Kiyomi Aurora. Surat ini dibaca kalau Kiyomi sudah besar nanti ya. Soalnya sekarang Kiyomi belum bisa baca. 5 tahun yang lalu kamu lahir ke dunia. Tepatnya 16 Oktober 2013 jam 14:04. Kamu lahir diusia kandungan 40 minggu lebih 4 hari. Setelah mama melewati masa2 kontraksi selama 10 jam dan akhirnya kamu lahir juga…

Read More

Family, Health, Parenting

Laser Tanda Lahir (3)

Bulan lalu tanggal 11 ,saya dan Ken pergi ke RS untuk menanyakan perubahan yang terjadi dengan hasil laser pertamanya Ken chan. Memang tidak sehitam yang dulu sebelum dilaser. Ini agak kecoklatan dan bekas lukanya itu masih terlihat jelas. Belum sehalus kulit di sekitarnya. Karena kata dokter, bekas luka ini akan halus kok, tapi memang butuh waktu. Kita mengambil nomor antrian…

Read More

Health

Sampah di Jepang

Ini tempat apa ya? Ini tempat membuang sampah kertas, seperti koran,majalah, pamflet dan kertas lain, pokoknya kertas. Semua kertas yg dibuang di sini akan didaur ulang. Menjadi kertas majalah,koran, dll. Lalu yang di sebelah kiri itu adalah timbangan. Jadi, kertas yg kita bawa dari rumah diikat jadi satu, ditimbang, dan kita dapat “uang” berupa poin yang otomatis masuk ke kartu…

Read More

Health

Persiapan Menghadapi Bencana

Typhoon Trami yang menghantam Jepang sejak minggu 30 september 2018 lalu terbilang cukup kencang dari angin typhoon yang sebelumnya. Mulai Okinawa, Kyushu, Shizuoka ken, Tokyo, dan masih banyak kota lain yang merasakan imbasnya. Salah satunya adalah listrik mati di banyak daerah. Dan Shizuoka Pref adalah yang terbanyak mengalami mati listrik. Kenapa bisa mati listrik? Penyebab terbesarnya adalah, kabel yang konslet.…

Read More

Health

Kenapa suka beres-beres rumah?

“Sayang, kamu kok suka banget beres-beres rumah. Buang2 barang, ganti model dan letak perabot,dll?” Duhh, pertanyaan dari suami yang sulit dijawab. Aku juga sebenernya nggak tau kenapa suka aja lihat semuanya tersusun rapi. Kemudian aku jadi penasaran, dan mencoba meneelah isi kepalaku. Apa sih yang bikin aku kepengin beresin rumah setiap saat. Dan aku menemukan jawabannya donk. Ternyata kalau aku…

Read More

Health

Persalinan bebas trauma

Bohong kalau aku bilang melahirkan itu tidak sakit. Ya sakit. Tapi, ada banyak cara untuk mengurangi rasa sakit persalinan. Maka dari itu kata @bidankita KNOWLEDGE IS POWER and PREPARATION IS THE KEY. Persalinan pertamaku penuh rasa takut, tidak rileks, kontraksi begitu menyiksa, susternya pun galak di Rs yg pertama, suami pun jadi ikut2an galak karena aku berisik aja, lol, 😂…

Read More

Health

Laser tanda lahir (2)

Akhir-akhir ini banyak followers baru di IG yang kebanyakan menanyakan perkembangannya Ken chan pasca laser tanda lahir. Tidak disangka ternyata responnya positif. Bersyukur cerita Ken chan tentang laser di blog bisa berguna. Bulan ini adalah bulan ke 6 pasca laser dibulan maret 2018 lalu. Dan kami belom konsul lagi ke RS. Jadwalnya mungkin akhir bulan ini ke RS. Sejauh ini…

Read More

Health

Tips Ngurus Rumah Tanpa Art

Apalah aku ini ya, bisa ngurus 2 anak sendiri itu bukan prestasi membanggakan. Walaupun ternyata kalau aku menoleh kebelakang, aku jadi baper dan terharu. “Oh ternyata aku bisa ya ngurus anak”, walaupun gelagapan banget. Tapi, sekarang bayi-bayi itu sudah tumbuh besar. Melihat mereka tumbuh sehat, ceria, pintar dan lucu itu kado terbaekkkk tiada tara. Aku sadar tanpa mereka aku gak…

Read More