Health

Anakku Sakit Pneumonia

Terima kasih Tuhan untuk pengalaman berharga beberapa waktu terakhir ini. Pengalaman nginep di Rs nemenin Ken selama 6 hari.

Banyak banget yang dm tanyain kondisi Ken. Thank you teman2 perhatiannya. Aku baru sempet share sekarang tentang Ken. Kemaren2 s aku nggak enak badan banget, lemes, dan liat layar Hp kelamaan langsung pusing.

Hari ini udah agak enakan, walaupun remuk awakku, tapi udah nggak setres banget mikirin Ken. Enaknya aku buat cerita Q and A aja kali ya, karena memang sebagian besar kemaren yang Dm juga pertanyaannya sama.

Pertanyaan pertama

1. Ken sakit apa?

Ken itu kena Pneumonia atau kata lainnya radang paru atau orang dulu suka bilangnya paru2 basah ya.

2. Kok bisa? Gejalanya gimana?

Ken chan sudah sekitar 3 bulan terakhir ini sering batuk2. Dibawa ke dokter katanya cuma batuk biasa masuk angin, dikasih obat 5 hari sembuh. Terus seminggu kemudian batuk lagi, kasih obat sembuh lagi. Kadang 3 minggu sehat, tiba-tiba batuk lagi. Sampai akhirnya yang terakhir ini batuknya parah, dikasih obat nggak mempan, terus mulai lah selasa demam tinggi panasnya sampe 39℃ lebih. Itu awal demam hari selasa tanggal 26 Feb. Langsung kita bawa ke dokter anak, dicek katanya mungkin cuma masuk angin, kasih obat terus pulang. Kemudian berlanjut terus panasnya sampai hari Kamis. Kamis ke dokter lagi masih sama katanya masuk angin. Kasih obat turun panas, terus pulang. Tapi kok masih tidak ada perubahan, aku mulai curiga, nafasnya Ken nggak normal kaya biasanya, langsung Sabtu malem kita bawa ke Emergency Room Rs besar. Nah di sana Ken diperiksa dan dicurigai pneumonia kalau dilihat dari semua gejala dan suara nafasnya. Langsung disuruh rontgen, cek darah, cek ingus, dan cek air liur. Ternyata hasilnya positif Pneunomia yang disebabkan oleh virus. Kondisi parunya tertutup lendir, jadi dia susah bernafas dan susah makan. Ya langsung tanpa babibu, dokternya sarankan langsung opname dan cepet-cepet harus di infus karena kondisi ken udah lemes banget, soalnya nggak makan sama sekali dari hari selasa, cuma minum aja. Hari itu Jam 00:00 waktu Jepang Ken chan masuk kamar Rs, langsung dikasih oksigen. Karena oksigen di tubuhnya menurun drastis karena susah bernafas itu tadi.

3. Berapa lama di Rs?

Masuk hari sabtu jam 12 malam, baru diperbolehkan pulang setelah semuanya baik. Hari Jumat tanggal 8 Maret Ken chan sudah boleh pulang. Tapi tetep harus minum obat, karena batuknya belom sembuh total.

4. Selama di Rs pengobatannya apa saja?

Minum obat, tiap hari pakein oksigen dan infus, diuap(dinebul ya istilahnya), dan direhabilitasi. Direhabili untuk bantu keluarin. lendirnya. Caranya gimana? Suruh tarik nafas buang nafas, dipaksa suruh batuk, ditengkurepin, sengaja dibuat biar dia batuk, otomatis kan lendirnya ikutan keluar ya, jadi lendirnya ketelen masuk ke perut jadi pipis, atau malah lebih bagus lagi kalo ken bisa membuang ludah lendirnya. Tapi ken kan belom bisa buang ludah sendiri. Jadi ya gpp juga ditelen.

Dan aku pikir kalo sakit gitu kan ya anak kudu jadi patung diem aja bobok di kasur kan, malah katanya jangan tidur aja. Duduk,berdiri, tengkurep,nungging,jempalikan gpp kalo bisa. Tapi ya nggak boleh terusan juga, hanya pas lagi direhabili aja. Supaya dia sering batuk, nah pas batuk itu kan lendirnya dari paru2 keluar tuh. Nah masuk lah si lendir ke tenggorokan dan berakhir ke pembuangan. Begitu kira2 penjelasan dari dokternya.

5. Pneumonia bisa dicegah?

Jawabannya bisa, pertama pastikan anaknya divaksin PCV. Ken chan vaksinnya semua lengkap, dia pernah vaksin ini juga. Tapi kenapa tetep bisa kena? Ya vaksin kan bukan jaminan 100% anaknya tidak akan sakit. Vaksin itu buat antisipasi aja, supaya kalau sakit tidak terlalu parah.

6. Kiyomi sama siapa di rumah?

Pada inget banget sama kiyomi ya..hehe.

Kiyomi sama papanya. Kebetulan kiyomi juga sakit. Demam dan batuk parah. Mungkin sabtu dan minggu kecapekan nemenin kita bolak balik RS sampe malem2. Jadi hari seninnya Panas demam. Ya untungnya bukan kaya Ken chan. Kiyomi murni masuk angin. 1 minggu kita liburin sekolahnya, biar istirahat di rumah dulu.

7. Selama hampir seminggu di Rs ngapain aja,mel?

Ngapain ya. kebanyakan sih nonton Dvd, tiduran, gambar, main puzzle. Soalnya Ken nggak boleh jalan-jalan keluar kamar sama sekali. Jadi ya banyakan aktivitas di dalam kamar. Bosen banget. Tapi ya mau gimana lagi.

Akhirnya semuanya sudah terlewati. Aku ayem dan seneng banget liat anak2 sehat dan ceria lagi. Pengalaman tak terlupakan. Pertama kalinya masuk RS karena anak sakit. Semoga tidak ada lagi yg kedua dan seterusnya. Semuanya sehat. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *