Health

Cara Membuat tempe gembus

Mungkin ini terdengar ndeso bagi teman-teman. Namanya memang sungguh tidak keren, tapi rasanya sungguh Awesome ngangenin. Enak banget sih menurut saya. Saya tidak tahu apa tempe gembus ini hanya ada di Jawa ya? Soalnya suami saya yang orang sumatera juga tidak pernah tau tentang si gembus ini. Bahkan teman saya yang orang Jakarta juga tidak pernah dengar katanya. Hmmm.. setelah sekian lama saya di Jepang, saya super kangen dengan makanan ini. Saya bingung gimana caranya bikin gembus. Saya cari-cari resep di google, ehh nemu resepnya juga.

Tapi awalnya saya tidak tahu cari ampas tahu di mana ya?

Setelah tanya sana sini. “Tau gak ampas tahu, tahu gak, mau cari sisa ampas kedelai untuk membuat tahu itu di mana?”

Ya ampun saya baru tahu,ternyata ampas tahu itu di makan juga sama orang Jepang, bisa dimasak dan jadi lauk gitu. Dan di supermarket banyak dijual. Akhirnya nyoba beli sebungkus kecil sekitar 300gr gitu dan dicoba sesuai resep. Dannn tara 3 hari kemudian jadi dengan sempurna. Aku biasanya dimasak mendoan dan tumis.

Pas kebetulan mertuaku datang bertamu hari itu(pas aku bikin mendoan), dan aku suguhi gembus. Katanya “enak banget, malah lebih suka gembus daripada tempe biasa”, katanya. Wahh eksperimenku berhasil. Halah eksperimen opo!! Semoga gembus bisa go international. Haha.. Maksudnya bisa jadi makanan terkenal dan mendunia.

Gimana cara bikin gembus? Mari kita simak resepnya:

Bahan:

500gr Ampas tahu

1/2 sdt ragi tempe

Cara Membuat:

1. Kukus ampas tahu kurang lebih 20 menit

2. Angkat dan ratakan di nampan, kemudian angin-anginkan sampai agak kering.

3. Taburi ragi dan aduk rata.

4. Masukan kedalam plastik(ukuran sesuai selera), tutup plastik, kemudian lubangi plastik dengan tusuk gigi di beberapa titik.

5. Masukan di lemari khusus untuk fermentasi (pilih tempat yang paling hangat di rumahmu) dan jangan sering dibuka2.

6. Tunggu minimal 2 hari max 4 hari baru bisa di panen.

(Foto menyusul)

1 thought on “Cara Membuat tempe gembus

  1. Aduh…akutu bersyukur di sini masih bisa dapat tahu tempe enak murah meriah. Kalau bisa bikin kayane yo seru ya Mel. Kamu bisa2 nanti jadi agen tempe gembus di Jepang. Kita amin-kan gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *