Health

Kenapa suka beres-beres rumah?

“Sayang, kamu kok suka banget beres-beres rumah. Buang2 barang, ganti model dan letak perabot,dll?”

Duhh, pertanyaan dari suami yang sulit dijawab. Aku juga sebenernya nggak tau kenapa suka aja lihat semuanya tersusun rapi. Kemudian aku jadi penasaran, dan mencoba meneelah isi kepalaku. Apa sih yang bikin aku kepengin beresin rumah setiap saat.

Dan aku menemukan jawabannya donk. Ternyata kalau aku lagi capek dan setres banyak pikiran. Aku hawa-hawanya itu pengen buang2 apapun yang kurasa nggak perlu lagi, pengen beresin perabotan, ganti suasana biar aku lega, aku happy, aku puas. Dan ini selalu aku lakukan berkala. Mungkin tiap 3 bulan sekali aku pasti bongkar2 rumah. Aku akan cek lagi barang yang nggak perlu, kemudian dibuang atau mungkin ditawarin ke temen dulu sebelum kubuang. Dan entah kenapa, selalu aja ada barang2 yang akan ku buang, meskipun rutin 3 bulan sekali dipilihin. Aku gampang berubah pikiran kali ya, tergantung suasana hati hari itu. Misal 3bulan yg lalu barang A masih ingin dipertahankan, eh sekarang kok rasanya pengen buang aja, udah nggak butuh banget. Makannya kenapa kalo buat aku perlu beres2 secara berkala. Tapi ya kalau setresnya datang sebelum 3 bulan, aku juga akan bongkar2 semua barang seperti baju2, bahan makanan, sepatu, mainan, dan segala macam surat2 berharga/tidak. Ya nggak perlu nunggu 3 bulan juga. Asal lagi napsu banget pengen beres2 ya langsung aja beresin semua.

Demikian juga dengan perabot gede2 di rumah. Seperti rak buku, meja Tv, sofa, laci pakaian, kotak mainan anak, dll, sebisa mungkin pengen aku ganti posisi.

Tapi nih ya, aku paling nggak suka kalau beres2 rumah sama suamiku deh. Soalnya bakalan banyak beda pendapat. Aku males debat. Jadi seringnya sih, aku yg beresin sendiri, aku angkat sendiri. Kecuali yg emang berat banget atau tempatnya ketinggian aku nggak sampe, angkatnya tunggu suami pulang kerja. Aku beresin barang waktu dia lagi kerja, terus dia pulang dan,”surprise” rumah udah ganti lagi posisinya. Dan kemudian dia bingung, ” gimana angkatnya? Kan berat? ”

Ada caranya donk, nggak perlu angkat2 tapi bisa pindah lokasi. Gimana tuh? Haha. Bukan sulap bukan sihir. Ya gampang aja sih, bawahnya kasih keset/kain terus lemari/rak tv/sofa itu kutarik atau ku seret. Ya gitu.capek sih iya banegt! Tapi penting aku puasssss. Aku lega dengan suasana baru.

Efeknya apa sih kalau udah beres2? Kalau buat aku efeknya banyak, aku jadi lebih puas, pikiran fresh, rumah bersih, nggak bosan dengan suasana rumah. Tapi apa ini bagian dari sugesti ya? Soalnya habis diberesin aku jadi merasa hal-hal yang tidak penting jadi hilang dari kehidupanku. Aku serasa lagi memulai kehidupan yg baru dengan pikiran yg lebih produktif dari sebelumnya.

Hmmm.. sebenernya aku penasaran, apa ini bagian dari kelainan psikis tapi yg positif ya? Kalau mungkin ada yg punya kenalan psikolog kasih tau donk. Apa ini normal, Kalau setres melanda aku jadi ingin buang2 barang? Terus ku jadi merasa puas banget setelah semuanya kebuang? Apa ini bagian dari pemborosan?

Ada nggak yang sama kaya aku juga? Suka buang barang dan beres2?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *